Social Icons

Rabu, 24 Juni 2015

Psikologi




Psikologi adalah sebuah bidang ilmu pengetahuan dan ilmu terapan yang mempelajari mengenai perilaku dan fungsi mental manusia secara ilmiah.

A.   Perkembangan Fakultas Psikologi

Bagi kita yang ingin mengetahui bagaimana sistem yang berjalan dalam bidang jurusan psikologi dan bagaimana prospek pendidikan psikologi di masa depan, berikut adalah penjelasan bagi kita yang ingin mengetahui, terutama bagi mereka yang akan masuk dan memilih jurusan psikologi.
Pengetahuan ilmiah mengenai perilaku manusia sebagai individu maupun sebagai makhluk sosial telah berkembang dengan pesat. Perkembangan ilmiah tersebut membuat kontribusi psikologi dalam keikutsertaan dalam membantu penyelesaian persoalan-persoalan sosial semakin besar.
Sehingga pada akhirnya peranan psikologi dalam peranan-peranan sosial diakui masyarakat. Hampir semua bidang kehidupan dan bidang kerja di masyarakat bersangkut paut dengan persoalan perilaku dan persoalan interaksi antar manusia dan persoalan interaksi manusia dengan lingkungan. Dengan semakin mendesaknya kebutuhan masyarakat akan jasa dan praktek psikologi, maka itulah yang menyebabkan pengetahuan psikologi menjadi sangat dibutuhkan pada masa sekarang dan yang akan datang.
Jenjang pendidikan psikologi, seperti halnya jenjang pendidikan tinggi yang lain, terbagi menjadi tiga, yaitu Pendidikan Sarjana, Pendidikan Magister dan jenjang Pendidikan Doktoral. Pendidikan professional untuk psikologi adalah pendidikan profesi psikolog.
Dalam bidang pendidikan dan jurusan psikologi terdapat beberapa bidang peminatan yang bisa diambil atau ditempuh sesuai dengan pendalaman keilmuan yang ingin dikuasai. Terdapat lima bidang peminatan yang menjadi dasar bidang keilmuan dan jurusan psikologi, diantaranya adalah:

  • Psikologi Industri dan Organisasi
  • Psikologi Perkembangan
  • Psikologi Klinis
  • Psikologi Pendidikan
  • Psikologi Sosial

10 alasan memilih jurusan Psikologi :

  1. Gelar sarjana dalam psikologi dapat membuka pintu ke beragam karir
  2. Sebuah gelar psikologi adalah jalan yang sangat sesuai untuk mempelajari lebih banyak tentang diri anda dan lainnya
  3. Peluang kerja untuk jurusan psikologi sangat bagus
  4. Bekerja dalam bidang psikologi bisa sangat menyenangkan, menghargai, dan menantang
  5. Gelar psikologi dapat memungkinkan anda untuk membuat perubahan dalam kehidupan masyarakat
  6. Mempelajari cara merekam, mengatur, menganalisis, dan menafsirkan kata
  7. Gelar bidang psikologi menjadi latar belakang yang bagus untuk lanjut ke pascasarjana
  8. Anda bisa mengejar bidang khusus yang menjadi ketertarikan anda
  9. Sebuah gelar psikologi bisa meng-Impress pengusaha tempat kita melamar kerja
  10. Anda sangat menikmati belajar psikologi



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
 
Blogger Templates